NqNaNqR9MGp5Nqp6LWxaNqR4NncsynIkynwbzD1c

Liburan Pakai Travel Jakarta Jogja Bareng Ayuning Travel, Mengintip Cantiknya Senja Di Pantai Parangtritis Daerah Istimewa Yogyakarta

Temukan keindahan dan mitos Pantai Parangtritis, destinasi unggulan Yogyakarta.…

081326475727

Rute utama yang dilayani oleh Ayuning Travel saat ini

Melayani rute dari Jakarta ke berbagai kota favorit di Jawa. Perlu Anda tahu, rute tersebut terbilang fleksibel. Artinya, jika hendak bepergian ke kota lain selain rute utama, Anda bisa memilih salah satu rute travel terdekat
Jakarta - Surabaya

Jakarta - Surabaya

Cek Harga
Jakarta - Jogja

Jakarta - Jogja

Cek Harga
Jakarta - Malang

Jakarta - Malang

Cek Harga
Jakarta - Solo

Jakarta - Solo

Cek Harga
Jakarta - Semarang

Jakarta - Semarang

Cek Harga
Jakarta - Klaten

Jakarta - Klaten

Cek Harga
Jakarta - Magelang

Jakarta - Magelang

Cek Harga
Bali

Bali

Cek Harga
BLANTERLANDINGv101
2332245982978732292

Liburan Pakai Travel Jakarta Jogja Bareng Ayuning Travel, Mengintip Cantiknya Senja Di Pantai Parangtritis Daerah Istimewa Yogyakarta

15 Des 2023

pantai parangtritis jogja

Liburan bareng Ayuning Travel pakai armada yang di sediakan travel Jakarta Jogja, mengunjungi kota pelajar Yogyakarta yang memang selalu menjadi primadona wisata pantai terindah setelah Pulau Bali selain itu juga menjadi salah satu andalan wisata kota yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Wisata Yogyakarta yang akan kami bahas sekarang adalah Pantai Parangtritis Daerah Istimewa Yogyakarta, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan wisata pantai Jogja yang satu ini Pantai Parangtritis. Ada sebuah cerita mitos atau sejarah di balik keindahan wisata Pantai Parangtritis ini, namun tidak banyak yang mengetahui akan sejarah pantai ini bermula.

Sejarah Singkat Asal Usul Mitos Pantai Parangtritis Menurut Cerita Masyarakat Sekitar Yang Beredar

Menurut cerita, dahulu kala ada seseorang yang bernama Dipokusumo yang berasal dari Kerajaan Majapahit melarikan diri dari kerajaan. Dipokusumo melarikan diri untuk melakukan semedi di salah satu daerah yang sekarang kita kenal dengan daerah Parangtritis. Nah, saat Dipokusumo akan bersemedi, dia melihat air menetes dari celah batu karang disana. Sehingga nama Parangtritis pun diambil dari akronim “parang” bahasa jawa dari karang dan “tumatitis” yang merupakan bahasa jawa dari tetesan air. Begitulah asal muasal nama Parangtritis ini awalnya.
Bagi anda yang tinggal di Jogja, pasti anda pernah mendengar istilah trimurti, maksud istilah ini adalah adanya tiga ikon Jogja yang dipercaya penuh dengan bau mistis di Yogyakarta. Tiga ikon ini adalah Pantai Parangtritis, Keraton Jogja dan Gunung Merapi yang mana posisi dari ketiganya membentuk garis lurus sempurna dari arah selatan ke utara.
Selain itu, perlu diketahui juga bahwa Pantai Parangtritis Jogja ada mitos yang beredar dan dipercaya sebagai tempat bersemayamnya kekuasaan Nyai Roro Kidul. Masyarakat setempat juga mengatakan kalau Nyai Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan ini menyukai dengan berbagai benda yang berwarna hijau, tak heran jika ada anjuran di daerah setempat untuk tidak memakai benda apa pun yang berwarna hijau karena ditakutkan akan terseret ke tengah laut dan dijadikan prajurit Nyai Roro Kidul di kerajaannya.

Larangan Bagi Para Wisatawan Yang Berkunjung Ke Pantai Parangtritis

pantai parangtritis yogyakarta

Para wisatawan juga dilarang untuk mandi atau berenang di pantai ini. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki landscape yang berbahaya yang curam. Ada saja para wisatawan yang lalai akan aturan ini sehingga ada korban jiwa yang meninggal atau pun hilang karena berbahayanya lanscape pantai maupun deburan ombak yang sangat ganas. Oleh karena itu, bagi anda wisatawan Pantai Parangtritis Yogyakarta diharapkan mematuhi aturan-aturan yang diberikan petugas setempat.
Selain berbagai mitos yang berkembang diatas, Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta juga dipercaya sebagai tempat pertemuan Sunan Kalijaga dan Panembahan Senopati dimana saat itu Panembahan Senopati baru selesai melakukan pertapaan. Begitulah sejarah Pantai Parangtritis yang saat ini menjadi primadona wisata pantai di Provinsi Jogjakarta. Selain sebagai tempat wisata, tidak jarang juga yang bermeditasi di tempat ini yang berharap keinginannya terkabul sebab berbagai mitos yang sudah berkembang.

Lokasi Pantai Parangtrisi Dan Rute Menuju Pantai Parangtritis Jogja

Lokasi Pantai Parangtritis terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta sekitar 25 kilometer. Alamat Pantai Parangtritis berada di daerah Bantul - Jogja, tepatnya adalah Desa Prangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta.
Di jaman yang sudah se-modern ini, tidaklah sulit untuk mencari suatu lokasi. Dengan gadget yang sudah canggih, kita bisa menggunakan Google Maps ataupun berbagai aplikasi gadget lainnya untuk sampai pada tujuan.
Jarak lokasi Pantai Parangtritis dari kota Jogja sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja. Hal ini tergantung tingkat kemacetan jalan yang dilewati. Bagi anda yang sudah hafal jalan di Jogja, tentu Anda tahu rute alternatif untuk menuju lokasi agar terhindar kemacetan.
Rute dari Malioboro: Lampu merah BNI belok kiri – lampu merah lagi belok kanan – Jalan Brigjen Katamso – lurus terus sampai tembus ke Ringroad Selatan – lurus terus sampai ketemu daerah atau Jalan Parangtritis – lurus sampai di tempat tujuan yakni Pantai Parangtritis.
Nah, jika anda belum pernah berkunjung ke Jogja, patokannya adalah Ringroad Selatan, sebab dari jalan ini Anda sudah dekat dengan tujuan Pantai Parangtritis. Rute dari Klaten atau pun Wonosari, Anda akan menemui berbagai plang petunjuk arah menuju lokasi. Anda juga bisa bertanya pada orang sekitar arah menuju pantai, namun Anda harus benar-benar jeli dengah arah barat timur dan sebagainya, sebab orang Jogja lumrahnya memberi petunjuk jalan dengan arah barat timur dan sebagainya.


Keindahan Pantai Prangtritis Jogja

Setelah membahas tentang sejarah, lokasi dan rute Pantai Parangtritis, lantas apa keindahan dan fasilitas pantai parangtritis yang disuguhkan kepada wisatawan? Pantai Parangtritis tidak diragukan lagi akan keindahannya. Gundukan pasir yang terdapat di sana memberikan keistimewaan tersendiri untuk memanjakan mata Anda. Deburan ombak yang cukup besar sangat pas sekali untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Tersedia berbagai fasilitas di pantai ini untuk memanjakan para pengunjung.
Menikmati pantai Parangtritis bisa anda lakukan dengan menggunakan delman, kereta kuda dan ATV yang memang disewakan untuk mengitari sekitaran pantai sambil menikmati suasana pantai yang elok. Hal ini menjadi sensasi tersendiri bagi anda untuk menikmati indahnya deburan ombak dan pasir putih dengan menaiki fasilitas-fasilitas tersebut.
Selain itu, anda yang memiliki keberanian lebih, bisa mencoba fasilitas Airomodeling yang disewakan di sana untuk menunjang kepuasan berwisata anda di Pantai Parangtritis. Yang paling menjadi keunggulan di pantai ini adalah panorama sunset yang selalu dinanti-nanti oleh para wisatawan. Anda bisa berselfie ria dengan pemandangan hamparan laut luas ke selatan, deburan ombak yang besar dengan panorama senja yang mengagumkan. Tidak cukup sampai disitu, di malam hari Anda juga bisa bersantai ria disana dengan hidangan jagung bakar yang dijual di sekitar pantai.
Selain fasilitas delman, kereta kuda, ATV dan sebagainya, disana juga terdapat pemandian air panas yang berada di dekat pantai, pemandian tersebut bernama Parangwedang. Masyarakat setempat percaya kalau pemandian air panas tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit sebab air panas tersebut mengandung belerang.

Jajanan Yang Ada di Pantai Parangtritis

Di Pantai Parangtritis banyak sekali suguhan jajanan khas pantai yang dijual. Berbagai jajanan ditawarkan seperti es kelapa muda, jagung bakar yang pas sekali untuk menemani anda saat menikmati suasana indah pantai terutama saat sore dan malam hari. Untuk waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa melihat upacara labuhan dari Keraton Yogyakarta yang memang dilaksanakan di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Untuk menikmati suasana indah Pantai Parangtritis, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam, karena harga tiket masuk Pantai Prangtritis sangat murah.
Harga tiket masuk per orang Rp 3.000
Harga tiket masuk motor Rp 1.000, parkir motor diluar tiket masuk sebesar Rp 2.000
Harga tiket masuk mobil Rp 5.000, parkir mobil diluar tiket masuk sebesar Rp 5.000
Harga sewa kereta kuda per putaran Rp 20.000
Harga sewa ATV per 15 menit Rp 50.000


Tips Saat Berkunjung Ke Pantai Parangtritis

Jangan bermain air atau berenang terlalu ke jauh ke tengah laut, hal ini dikarenakan deburan ombak yang sangat kuat dan besar. Tidak jarang pengunjung yang tidak patuh akan aturan tersebut sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan.
Bawalah berbagai peralatan yang menunjang liburan anda seperti topi dan kacamata. Topi dan kacamata ini bisa menjadi penolong anda jika berkunjung saat siang hari sebab panas matahari yang terik.
Disarankan untuk berkunjung ke pantai ini sore hingga malam hari sebab pemandangan sunset di Pantai Parangtritis sangat mempesona.
Berkunjung saat malam tahun baru jawa atau masehi. Moment ini sangat pas jika anda ingin melihat keramaian. Saat malam tahun baru masehi pun akan ada kembang api saat pergantian tahun yang memuaskan liburan anda di pantai ini.
Jangan khawatir untuk bermalam di pantai ini. Karena di pantai ini tersedia berbagai penginapan pantai maupun daerah dekat pantai dengan harga yang terjangkau.


Berikut Rekomendasi Hotel Dekat Pantai Parangtritis

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan di sekitar pantai Parangtritis. Banyak sekali penginapan yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut beberapa penginapan atau hotel murah dekat Pantai Parangtritis untuk anda

1. Hotel Family Rest

Penginapan atau hotel ini terletak di dekat pantai. Lokasinya sangat dekat sehingga anda bisa berjalan kaki untuk menuju pantai. Harga yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp 75.000 saja per malamnya. Fasilitas yang diberikan adalah kipas angin, televisi, kasur dan sebagainya. Disarankan bagi anda untuk memesan terlebih dahulu jika memang ingin menginap sebab jumlah kamar yang hanya 15 kamar. Info kontak (0274) 701 6381

2. Penginapan Raharjo

Penginapan Raharjo adalah rekomendasi selanjutnya bagi anda yang ingin menginap di sekitar pantai. Tidak jauh berbeda dengan Hotel Family Rest, harganya hanya Rp 75.000 saja dengan fasilitas yang sama. Bentuk penginapan ini ada 2 lantai, jadi anda bisa memilih kamar mana tergantung kamar yang masih tersedia. jumlah kamar yang disediakan hanya 8 kamar saja. Info kontak (0274) 368 529.

3. Losmen Yudhistira

Penginapan berbintang satu ini memiliki 12 kamar. Fasilitas penginapan ini adalah televisi, kipas angin, kamar mandi dan tempat parkir. Harga untuk menyewa penginapan ini per malamnya hanya Rp 90.000 saja. Lokasi penginapan hanya berjarak 5 menit saja dari bibir pantai tepatnya berada di Mancingan Parangtritis, Bantul Yogyakarta. Info kontak (0274) 368536

4. Budi Inn 1

Rekomendasi penginapan atau hotel di pantai parangtritis selanjutnya adalah Budi Inn 1. Lokasi penginapan ini sangat dekat dengan bibir pantai, dengan berjalan kaki anda hanya membutuhkan waktu 2 menit saja. Jumlah kamar yang disediakan adalah 8 kamar dengan fasilitas AC, kipas angin, tv kabel, lemari, meja dan free wifi. Selain itu, penginapan ini juga memberikan pelayan lebih kepada wisatawan dengan menyediakan antar jemput bandara dan pijat. Harga sewa per malamnya adalah Rp 200.000. Info kontak (0274) 368539.

Sekian berbagai info yang bisa menjadi rujukan anda untuk berwisata ke Pantai Parangtritis Jogja. Jangan lewatkan pesona indah, silahkan pesan armada mobil Travel Jakarta Jogja dorr to door dari Ayuning Travel untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis.

BLANTERLANDINGv101

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Pemesanan×
Data Anda

Data Lainnya
*Catatan

Barang Bawaan: (Kuota bagasi 1 tas ransel atau 1 koper, jika lebih dari itu, ada tambahan biaya bagasi)

Kirim Sekarang