NqNaNqR9MGp5Nqp6LWxaNqR4NncsynIkynwbzD1c

Jalan-Jalan Pakai Mobil Travel Kotagede-Jogja Untuk Mengenal Lebih Dekat Sejarah Islam Dan Kerajinan Perak

Wisata pakai agen jasaTravel Kotagede-Jogja dari Ayuning Travel mengenal lebih …

081326475727

Rute utama yang dilayani oleh Ayuning Travel saat ini

Melayani rute dari Jakarta ke berbagai kota favorit di Jawa. Perlu Anda tahu, rute tersebut terbilang fleksibel. Artinya, jika hendak bepergian ke kota lain selain rute utama, Anda bisa memilih salah satu rute travel terdekat
Jakarta - Surabaya

Jakarta - Surabaya

Cek Harga
Jakarta - Jogja

Jakarta - Jogja

Cek Harga
Jakarta - Malang

Jakarta - Malang

Cek Harga
Jakarta - Solo

Jakarta - Solo

Cek Harga
Jakarta - Semarang

Jakarta - Semarang

Cek Harga
Jakarta - Klaten

Jakarta - Klaten

Cek Harga
Jakarta - Magelang

Jakarta - Magelang

Cek Harga
Bali

Bali

Cek Harga
BLANTERLANDINGv101
2332245982978732292

Jalan-Jalan Pakai Mobil Travel Kotagede-Jogja Untuk Mengenal Lebih Dekat Sejarah Islam Dan Kerajinan Perak

8 Des 2023

agen travel kotagede jogja
Kotagede Bukti Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram Islam


Yogyakarta dahulu merupakan pusat kerajaan Mataram Hindu yang menguasai kawasan pulau Jawa, jadi tidak heran jika di kota Gudeg ini berdiri Candi Borobudur yang megah sebagai peninggalan jaman kejayaan Hindu pada abad 8 Masehi. Dalam cerita, Mataram merupakan kerajaan besar yang menguasai daratan Jawa dengan bukti peninggalan berupa kemegahan bangunan-banguan candi dengan arsitektur yang megah dan detail yang begitu bernilai seni tinggi. Pusat pemerintahan kerajaan Mataram yang semula berdiri di bumi Yogyakarta, pada abad 10 justru harus diboyong dan dipindahkan ke Jawa Timur.
Kotagede merupakan bukti sejarah berdirinya kerajaan Mataram Kuno di tanah Jawa lengkap dengan segala kemegahannya dan luasnya kekuasaan wilayah asuhannya serta kemakmuran rakyatnya. Sebagai daerah yang ramai sebagai pusat pemerintahan, tidak heran jika kotagede merupakan salah satu daerah atau wilayah dengan penduduk yang tentram dan makmur serta lebih berkembang dibandingkan penduduk di kawasan lain. Sejak didirikan oleh Ki Gede Pemanahan, Kotagede menjadi kawasan yang lambat laun menjadi lebih subur dan makmur.
Mengenai sejarah Kotagede yang terus berkembang dan tumbuh menjadi wilayah yang ramai akan penduduk serta pusat kegiatan perdagangan di tanah Jawa terlebih terus berkembang sepeninggal Ki Gede karena kepemimpinan pemerintahan dipegang oleh putra Ki Gede yang bernama Senapati Ingalaga yang berperingai arif bijaksana. Daerah Kotagede semakin di kembangkan dan dibangunlah perbentengan untuk menjaga keamanannya. Kotagede inilah yang saat ini menjadi bukti sejarah berdirinya kerajaan Mataram Islam.
Beberapa peninggalan yang bisa dinikmati para wisatawan saat melancong ke Kotagede dan menggali sejarah kerajaan jaman dahulu diantaranya adalah kawasan pasar Kotagede yang telah ada sejak pemerintahan kerajaan Mataram Islam, Kompleks makam pendiri kerajaan, rumah-rumah tradisional seperti limasan dan joglo, Masjid Kotagede, Kedathon, dan reruntuhan benteng pada jaman pemerintahan Mataram. Berjalan-jalan dan menikmati suasana Kotagede akan sangat berkesan ketika Anda menikmatinya bersama keluarga maupun bersama sahabat-sahabat terdekat Anda. Selain menikmati keindahan kotanya, dipastikan Anda juga bisa belajar sejarah kebudayaan masyarakat setempat dan merasakan keramahannya sebagai ciri khas keramahan masyarakat Jawa yang sopan, santun dan halus tutur katanya serta kuat agamanya.


Menyelami Kerajinan Perak Kotagede Yogyakarta

kerajinan perak kotagede jogja

Mengenai Yogyakarta, apa yang tidak menarik darinya? Dari segi budaya, kesenian hingga tempat wisata bahkan kerajinan dan hasil karya tangan-tangan ahli masyarakatnya sudah tentu tidak bisa diremehkan begitu saja. Jika Bali, Lombok, da Kendari terkenal dengan kerajinan perak serta budaya yang unik sehingga banyak wisatawan mancanegera berkunjung untuk menghabiskan musim liburannya, Yogyakarta tentu tidak mau kalah akan hal ini. Kotagede salah satu daerah di Yogayakarta justru merupakan sentra kerajinan perak terbesar di Inodonesia.
Beragam perak diolah dan disulap menjadi beragam kerajinan dengan keunikan yang bernilai tinggi, baik dari kerajinan berupaka arca serta candi juga beragam ornamen-ornamen khas Yogyakarta yang sungguh mempesona hingga kerajinan berupa perhiasan yang pasti akan sangat anggun jika dikenakan para kaum hawa. Kotagede berada 10 km dari pusat kota Yogyakarta, dan sejak tahun 1970an daerah ini menjadi sentra kerajinan perak yang bukan hanya diminati masyarakat lokal tetapi juga oleh masyarakat mancanegara.
Menyelami kerajinan perak Kotagede Yogyakarta tentu tidak akan sempurna jika Anda hanya melihat-lihat hasilnya tanpa melihat proses pembuatannya. Di Kotagede, kerajian perak tidak hanya bisa dinikmati hasilnya saja tetapi produsen kerajinan perak ini juga memberi kesempatan bagi para wisatawan yang berkunjung untuk inkut menikmati dan menyelami proses pembuatan dari proses paling sederhana hingga proses terumit seklaipun.
Beragam paket wisata yang ditawarkan di Kotagede Yogyakarta terlebih untuk menyelami kerajinan peraknya adalah dengan menawarkan paket kursus pembuatan kerajinan perak. Di saat kursus hal pertama yang biasa dilakukan adalah melihat-lihat hasil karya kerajinan yang telah jadi dan siap dipamerkan ataupun dipasarkan, selanjutnya Anda akan diajak merancang desain perhiasan ataupun kerajinan yang Anda inginkan. Cetakan akan disiapkan oleh instruktur paket wisata, pilihlah cetakan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kerajinan perak yang hendak Anda buat.
Lempengan tembaga ataupun kuningan yang telah disiapkan, dilanjutkan dengan proses pemanasan hingga melebur menjadi cairan timah panas yang siap dicetak dalam cetakan untuk proses yang cepat dan sederhana. Tidak memerlukan waktu lama untuk menghasilkan kerajinan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menambahkan aksen tertentu, ajaklah tangan Anda terus berkarya dengan mendesain hiasan dan kerajinan perak yang lebih detail serta rumit. Pastikan dalam kursus Anda mengikuti arahan yang diberikan oleh pihak penyedia paket wisata. Membuat kerajinan dari tangan sendiri bisa dipastikan akan sangat menarik bukan?

Silahkan yang mau berlibur atau hanya sekedar jalan jalan mengisi waktu luang ke Kotagede-Jogja pastikan Anda menggunakan agen travel Jakarta Jogja dari Ayuning Travel, layanan terbaik, aman, nyaman, dan pastinya armada yang selalu bersih dan wangi.

BLANTERLANDINGv101

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Pemesanan×
Data Anda

Data Lainnya
*Catatan

Barang Bawaan: (Kuota bagasi 1 tas ransel atau 1 koper, jika lebih dari itu, ada tambahan biaya bagasi)

Kirim Sekarang