NqNaNqR9MGp5Nqp6LWxaNqR4NncsynIkynwbzD1c

Hiking Gunung Ungaran: Daya Tarik, Jalur Pendakian, dan Tiket

Ketahui daya tarik hiking Gunung Ungaran, jalur pendakian, tiket masuk juga an…

081326475727

Jadwal Keberangkatan

Layanan Utama Ayuning Travel

Ayuning Travel menyediakan beragam layanan untuk menemani perjalanan Anda dan membantu pengiriman barang antar kota yang lebih efisien.
Travel door to door
Perjalanan Anda dimulai tepat dari depan pintu. Kami memfasilitasi antar jemput dari lokasi awal (rumah, hotel, atau kantor) dan diantar langsung ke tujuan akhir. Travel door to door menjangkau seluruh kota/kabupaten di Jawa, Madura, dan Bali. Jadwal keberangkatannya juga fleksibel, sehingga mudah disesuaikan dengan rencana perjalanan Anda
Pilih rute Anda sekarang!
Carter Mobil
Butuh keleluasaan dan privasi lebih dalam perjalanan Anda? Layanan carter mobil 24 jam kami dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut. Anda sendiri yang menentukan rute, jadwal, dan jenis armadanya. Tersedia berbagai jenis mobil, mulai MPV hingga minibus untuk rombongan. Dengan tarif yang kompetitif, Anda juga akan mendapat fasilitas driver profesional dan berpengalaman.
Rencanakan perjalanan pribadi Anda!
Titip Paket
Kirim paket Anda dengan jaminan cepat sampai dan aman melalui layanan titip paket ekspres di Ayuning Travel. Kami melakukan pengiriman door to door dengan mobil pribadi tanpa singgah ke gudang transit. Keamanan dan keutuhan setiap kiriman Anda adalah prioritas utama kami.
Kirim paket Anda sekarang!
BLANTERLANDINGv101
2332245982978732292

Hiking Gunung Ungaran: Daya Tarik, Jalur Pendakian, dan Tiket

9 Jul 2024
Hiking Gunung Ungaran
Sumber : Google Maps @Dian T Indrawan

Jalur Hiking Gunung Ungaran, Daya Tarik & Tiket Masuk. Bayangkan Anda sedang berdiri di puncak sebuah gunung, di mana awan-awan berarak di bawah kaki dan matahari perlahan terbit di cakrawala, mewarnai langit dengan semburat jingga dan emas. Sensasi itulah yang akan Anda rasakan saat hiking Gunung Ungaran dan tiba di puncaknya.

Gunung yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini punya ketinggian sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut. Bagi para pencinta alam dan petualangan, mari eksplor lokasi ini lebih jauh.

Pesona Hiking Gunung Ungaran, Tiket Masuk, Jam Operasional

Gunung Ungaran
Sumber : Google Maps @Dwi Hartati

Gunung Ungaran, bukan sekadar gunung untuk tujuan mendaki biasa. Hal ini karena meski tidak ada aktivitas vulkanis yang tercatat di gunung hingga saat ini, tetapi di dalamnya terdapat aktivitas panas bumi.

Gunung Ungaran juga menjadi gerbang petualangan yang mengundang para pencinta alam untuk menjelajahi keindahannya.

Gunung dengan ketinggian tak terlalu tinggi ini berlokasi sekitar 20 km dari barat kota Semarang. Saat mendaki, Anda akan melewati hutan tropis yang hijau dengan beragam flora dan fauna. Di puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan indah kota Semarang.

Sementara untuk menuju puncak stratovolcano, tersedia beberapa jalur pendakian yang bisa Anda pilih, mulai dari yang landai dan ramah pemula hingga sedikit menantang untuk pendaki berpengalaman. Puncaknya pun ada tiga, yaitu:

  • Terendah Bondolan dengan ketinggian 1885 mdpl,
  • Kemudian Botak di 2050 mdpl,
  • Terakhir yang tertinggi Tugu Banteng Raiders Ungaran sendiri di ketinggian sama 2050 mdpl.

Di sisi lain, ada puncak khusus untuk menyaksikan panorama sekitar. Seperti Puncak View di 1872 mdpl, Puncak Tanggul Angin di 1876 mdpl, juga Puncak Batu di 1908 mdpl.

Selain panorama menakjubkan, Gunung Ungaran juga memiliki beberapa pos pendakian yang memudahkan pendaki untuk beristirahat dan mendirikan kemah. Di beberapa titik lokasi juga tersedia sumber mata air bersih, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan persediaan air.

Lebih lengkap, berikut informasi Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran
Harga Tiket Masuk Rp10.000 untuk TekTok (pendakian sehari, naik turun gunung)
Rp25.000 untuk TekTok plus kemah.
Waktu Operasional 24 jam*
Alamat Hutan, Ungaran Barat, Semarang Regency, Central Java
Google Maps Mount Ungaran
Nomor Telepon Jalur Perantunan
● Wido 083142650672
● Lilik 083873901357
● Dwi 083817466589
Media Sosial ● Camp Perantunan
@wisataalamperantunan_bandungan

Keterangan:

* Meski Gunung Ungaran buka 24 jam, Anda tetap harus waspada. Hal ini karena pihak pengelola membatasi jumlah pendaki per hari sebanyak 300 orang saja. Apabila sudah mencapai kapasitas maka Anda perlu mengalah untuk mendaki di waktu berikutnya.

Jalur Pendakian di Gunung Ungaran

Jalur pendakian Gunung Ungaran
Sumber : Google Maps @bangun tri

Hiking adalah aktivitas utama yang bisa Anda lakukan di Gunung Ungaran. Rute pendakiannya beragam tergantung pada preferensi Anda. Masing-masing jalur juga menawarkan ciri khas track yang menyajikan tingkat pendakian berbeda.

Dari jalur yang ada, ada tiga jalur resmi dan satu jalur masih tahap pengembangan. Jalur resmi tersebut adalah Promasan, Mawar, dan Parantunan, sementara jalur Gedong Songo masih dalam tahap pengembangan karena medan tergolong menantang.

Berikut jalur yang umum para pendaki gunakan untuk menuju puncak Gunung Ungaran, yaitu:

  • Jalur Pendakian Gedong Songo

Jika Anda menginginkan pendakian yang menantang, jalur ini sangat pas untuk Anda. Untuk menuju puncak, Anda akan melewati areal hutan lokasi warga mencari rumput dan kayu bakar yang masih asri juga penuh semak belukar.

Perjalanan awal, Anda perlu menuju basecamp Gedong Songo di komplek candi Gedong Songo. Tepatnya di Desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari pusat Kota Ungaran, Anda bisa menempuh perjalanan selama 1 jam.

Setelahnya, Anda akan merunut hutan cemara. Di sini, Anda akan langsung berhadapan dengan jalur terjal menuju hutan lamtoro.

Di hutan lamtoro, Anda perlu mengikuti jalan setapak dengan sisi kanan kiri ilalang yang cukup tinggi. Selain jarak pandang yang terhalang ketinggian rumput, perhatikan juga sisi jalan karena jalannya persis di tepi jurang.

Bukan hanya itu, pastikan untuk berhati-hati saat menyusuri track-nya karena kemiringan jalan lebih dari 600.

Melalui jalur ini, kamu akan mencapai Puncak Botak, ini adalah area datar dengan rerumputan setinggi lutut. Setelahnya, Anda bisa akhiri perjalanan cukup di Puncak Botak atau melanjutkan ke Puncak Tugu Banteng Raider Ungaran yang lebih tinggi.

Note: pastikan untuk memperhatikan jalan karena jalur ini hanya mempunyai beberapa petunjuk arah. Anda bisa menandai jalur yang Anda lewati agar tidak tersesat.

  • Jalur Promasan

Selanjutnya, basecamp Promasan yang lokasinya di Desa Candi Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Anda bisa menyusuri jalan dengan jalan kaki dari campground Medini. Di sini juga tersedia ojek yang bisa kamu sewa menuju pos selanjutnya.

Jalur ini membutuhkan waktu pendakian sekitar kurang lebih 3 jam. Permulaan rute adalah desa kecil, kemudian melewati hamparan kebun teh Promasan. Selain sebagai jalur awal pendakian, Kebun Teh Promasan juga menjadi salah satu spot terbaik untuk foto-foto instagramable yang estetik.

Setelah kebun teh, Anda akan menyusuri jalan makadam, jalan berlapis batu. Nantinya, jalur ini akan bertemu dengan jalur Mawar untuk menuju puncak. Melanjutkan track, Anda akan menemukan pertemuan kedua di areal tanah datar. Biasanya lokasi ini dipakai para pendaki untuk camping atau berkemah.

Dari campground ini, Anda akan memulai pendakian yang sebenarnya. Hal ini karena jalan makadam akan berganti dengan jalan setapak tanah yang muat untuk satu orang saja. Jika papasan, Anda perlu mepet ke sisi satunya dan membiarkan lewat terlebih dahulu untuk melanjutkan perjalanan.

Makin ke atas, medan makin menanjak dan terjal. Akhir dari perjalanan ini adalah Puncak Tugu Banteng Raider. Di sini, Anda akan menemukan tiga buah tugu dengan tiang bendera.

Jika Anda merasa lelah dan waktu terlalu malam menuju puncak, sebelum tiba di puncak terdapat satu areal yang umum para pendaki manfaatkan untuk berkemah. Di sini, Anda bisa bermalam dan paginya menyaksikan sunrise sebelum melanjutkan ke puncak.

  • Jalur Mawar

Kemudian, basecamp Mawar yang lokasinya ada di atas destinasi wisata Semarang Umbul Sidomukti, Bandungan dengan akses masuk gerbang melalui Pasar Jimbaran. Ini adalah jalur pendakian Ungaran paling selatan.

Rute ini juga menjadi jalur favorit karena track-nya santai, jalurnya dominan landai dan jalannya lebar dengan papan petunjuk jelas di sepanjang rute menuju puncak.

Meski sama-sama membutuhkan waktu tempuh 3 jam, tetapi Anda bisa lebih mengatur napas. Hal ini karena Anda bisa mengambil pemanasan dari campground menuju jalan hutan cemara.

Permulaan, Anda akan mengawalinya dari campground Mawar. Menuju puncak, ada empat pos yang bisa Anda manfaatkan untuk tempat rehat sementara.

  1. Pos 1 atau Pronojiwo terdapat shelter dengan atap seng kecil atau dari kayu dengan atap plastik terpal seadanya.
  2. Menuju Pos 2 jalannya sedikit berkerikil. Sama seperti di Pos 1, di sini juga tersedia shelter kecil beratap seng.
  3. Pos 3 Kebun Kopi.
  4. Pos 4 merupakan pos terakhir dengan tanda shelter beratap seng.

Di masing-masing pos, Anda bisa menyaksikan panorama menarik dengan lanskap yang unik.

Di Pos 2 dan 3, Anda bisa beristirahat sambil mengisi persediaan air, mandi, atau merilekskan tubuh. Hal ini karena di Pos 2 terdapat sumber air, sementara di Pos 3 tersedia kolam penampungan air terbuka.

Kemudian, dari Pos 3 menuju Kebun Teh Promasan. Di sini, Anda akan mendapatkan suguhan pemandangan hijau nan asri dengan hawa sejuk.

Selanjutnya, Anda akan menempuh jalur yang tidak jauh berbeda dengan Promasan, yakni jalan makadam.

  • Jalur Parantunan

Terakhir, lewat jalur Parantunan yang biasa dipakai untuk trail runner. Untuk menuju rute ini, Anda perlu mengawalinya dari Desa Gintungan yang ada di Bandungan.

Melalui jalur ini, Anda akan melewati tiga puncak sekaligus. Keistimewaan dari rute ini, yaitu pengalaman mendaki yang medannya dominan landai. Sehingga cocok untuk para pemula.

Meski begitu, treknya masih berupa tanah jadi Anda tetap membutuhkan kehati-hatian saat mendaki. Enaknya lagi, jarak antarpos cukup dekat. Sehingga, buat pemula bisa rehat di pos-pos yang tersedia. Untuk menuju puncak, setidaknya Anda akan melewati 5 pos.

Selain hiking, Gunung Ungaran juga merupakan tempat yang ideal untuk camping. Terdapat beberapa area yang cocok untuk mendirikan tenda dengan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan.

Daya Tarik Hiking Gunung Ungaran

Candi Gedong Songo
Sumber : Google Maps @Muhammad Alif

Selain mendaki, terdapat beberapa daya tarik lain di Gunung Ungaran, antara lain.

Dapat Sekalian Berkunjung ke Kompleks Candi Gedong Songo

Kompleks candi Hindu kuno yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Candi merupakan peninggalan Kerajaan Medang pada abad ke-9. Area sekitarnya menawarkan pemandangan yang indah dan nilai sejarah yang tinggi.

Bisa Camping di Titik View yang Menarik

Campground Mawar merupakan salah satu tempat camping di Semarang yang difavoritkan oleh warga sekitar maupun pengunjung domestik. Hal ini karena lokasinya asri, tempatnya nyaman dengan panorama menarik dan tempatnya pun dekat dengan objek wisata Semarang, Umbul Sidomukti.

Dekat dengan Tempat Wisata Alam di Sekitar Gunung Ungaran

Di sisi lain, lokasinya pun dekat dengan beberapa wisata Semarang, seperti:

  • Curug Benowo
  • Watu Gunung Ungaran
  • Curug Lawe Ungaran
  • Mata Air Senjoyo
  • Curug Semirang Ungaran
  • Tirto Agung Siwarak
  • Bukit Lerep Indah
  • Vanaprastha Park
  • Curug Gending Asmoro
  • Ampelgading Homeland
  • Umbul Songo Kopeng
  • Kolam Renang Cinta Candi Liyangan
  • Wisata Embung Kledung
  • Curug Surodipo
  • Sendang Sengon
  • Brown Canyon Ungaran

Fasilitas di Gunung Ungaran

Fasilitas Gunung Ungaran
Sumber : Google Maps @dyah septi Widhayati

Fasilitas di Gunung Ungaran bervariasi tergantung basecamp dan jalur pendakian. Namun, secara umum, fasilitas yang tersedia meliputi:

  • Area parkir
  • Warung makan
  • Toilet
  • Tempat peristirahatan
  • Pos pendakian
  • Area perkemahan atau Camp Ground

Di sini juga tersedia Tim SAR khusus dan relawan dari para pencinta alam yang siap sedia menolong para pendaki yang mengalami kendala saat pendakian.

Anjuran dan Larangan

Mendaki Gunung
Canva/Maridav

Sebelum mendaki, perhatikan beberapa anjuran dan larangan berikut.

Anjuran

  • Persiapkan fisik dan mental sebelum mendaki.
  • Bawa perlengkapan pendakian yang lengkap, termasuk pakaian hangat, jas hujan, makanan, minuman, juga obat-obatan pribadi.
  • Mendaki bersama teman atau kelompok untuk keamanan.
  • Patuhi aturan dan petunjuk dari petugas basecamp saat registrasi identitas untuk mendaki.
  • Jaga kebersihan lingkungan gunung, pastikan untuk membawa sampahmu turun.

Larangan

  • Mendaki sendirian (solo hiking) karena membahayakan diri sendiri.
  • Membuat api unggun di sembarang tempat.
  • Membuang sampah sembarangan.
  • Merusak flora dan fauna juga fasilitas.

Cara Menuju Gunung Ungaran

Cara menuju Gunung Ungaran
Sumber : Google Maps @wahyu arsanti

Lokasinya persis di kawasan hutan dengan pintu gerbang di tepi jalan. Untuk menuju basecamp Mawar, Anda bisa ikuti cara berikut.

1. Pusat Kota

Bagi Anda yang dari pusat kota Semarang, untuk menuju Ungaran membutuhkan waktu satu hingga 1,5 jam dengan lalu lintas lancar.

Untuk menuju Ungaran, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus (baik bus umum atau TransSemarang), ojek pangkalan, ojek online, kendaraan pribadi, atau sewa mobil Semarang.

Dari pusat kota Ungaran, melajulah menuju Kecamatan Bandungan dan ikuti petunjuk arah menuju Umbul Sidomukti, Manggung. Setelahnya, akses ke Pasar Jimbaran dan lanjutkan perjalanan menuju pos pendakian Gunung Ungaran Mawar.

2. Stasiun Semarang Tawang

Jika Anda datang dari stasiun, Anda bisa menuju terminal BRT terdekat untuk menuju Ungaran menggunakan TransSemarang.

Setelah tiba di Ungaran, Anda bisa menggunakan angkutan umum lain menuju lokasi basecamp, seperti ojol atau carter mobil Semarang.

3. Terminal Banyumanik atau Mangkang

Saat ini, area berhenti luar kota menuju Semarang berhenti di Terminal Banyumanik atau Mangkang. Sementara Terminal Terboyo sudah tidak beroperasi lagi karena tergenang air rob.

Untuk akses lebih dekat, berhentilah di Terminal Mangkang yang lokasinya tidak jauh berbatasan dengan Kendal. Dari terminal, ambil TransSemarang menuju Ungaran. Setelahnya lanjutkan dengan angkutan umum lain.

Selain menggunakan angkutan umum, Anda juga bisa rental mobil Semarang untuk fleksibilitas.

Atau jika ingin langsung menuju lokasi dari asal Anda saat ini dan perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien, gunakan travel Jakarta Semarang untuk 1 rombongan. Ini adalah pilihan ekonomis dan efisien dengan kenyamanan ekstra.

Tips Berkunjung ke Gunung Ungaran

Puncak Gunung Ungaran
Sumber : Google Maps @Abdurrahman

Namun, sebelum berkunjung, perhatikan juga beberapa tips berikut.

  • Berkunjung di Waktu Terbaik

Kunjungi Gunung Ungaran pada pagi hari untuk mendapatkan pengalaman hiking yang maksimal dan pemandangan yang jelas.

  • Persiapkan Perbekalan

Usahakan untuk membawa sunscreen bagi pendaki perempuan karena di atas puncak tergolong panas pada siang hari.

Untuk jalur Mawar, di bagian bawah Anda akan menemukan sumber mata air yang bisa Anda gunakan sebagai sumber air minum bila tidak membawa cukup bekal. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda membawa bekal dan peralatan yang cukup demi keselamatan.

Selain via Mawar, tidak tersedia sumber mata air lagi. Sehingga baiknya membawa bekal air minum yang cukup. Di sisi lain, tambahkan bekal makanan jika Anda berniat camping.

  • Pilih Parkir yang Aman dan Dekat Fasilitas Umum

Baiknya, parkir di area yang dekat dengan pintu masuk pendakian karena lebih aman dan dekat dengan fasilitas seperti toilet. Area ini tergolong ramai, sehingga lebih aman untuk kendaraan.

  • Periksa Perkiraan Cuaca

Periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat dan hindari mendaki saat cuaca buruk atau hujan untuk mengurangi resiko kecelakaan. Di cuaca hujan berisiko track licin dan berlumpur, sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak tergelincir.

  • Pastikan Kondisi Fisik Prima

Pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima sebelum melakukan pendakian, dan jangan ragu untuk beristirahat jika merasa lelah.

  • Kenakan Pakaian yang Nyaman

Agar kegiatan Anda tidak terganggu, kenakan pakaian yang nyaman untuk mendaki. Meski sepanjang jalan menuju puncak teduh, tetapi di puncak angin bisa terasa kencang dan/atau panas. Sehingga persiapkan baju yang tepat.

  • Persiapan Akomodasi dengan Matang

Terakhir, persiapkan akomodasi dengan matang, seperti kendaraan. Anda bisa menggunakan pilihan sewa mobil Semarang apabila datang bersama rombongan. Hal ini tentu memberikan fleksibilitas dalam pengangkutan dari lokasi awal ke tujuan.

Anda pun tak perlu bingung-bingung, booking saja mobil yang Anda butuhkan melalui kontak WhatsApp yang mudah dan cepat.

Selain bisa mengakomodir rombongan drop off bagi yang ingin hiking Gunung Ungaran, mobil juga bisa Anda manfaatkan untuk berkeliling di berbagai wisata Semarang.

Sumber:

  • https://blog.eigeradventure.com/jalur-pendakian-gunung-ungaran/
  • https://travel.detik.com/domestic-destination/d-6708556/mengenal-gunung-ungaran-yang-ramah-buat-pendaki-pemula
  • https://travelspromo.com/htm-wisata/gunung-ungaran-semarang/
  • https://www.napaktilas.net/jalur-pendakian-gunung-ungaran/
  • https://www.idntimes.com/travel/destination/putri-intan-nur-fauziah/gunung-ungaran-1?page=all
  • https://salsawisata.com/gunung-ungaran/
BLANTERLANDINGv101

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


Armada Kami

Formulir Pemesanan×
Data Anda

Data Lainnya
*Catatan

Barang Bawaan: (Kuota bagasi 1 tas ransel atau 1 koper, jika lebih dari itu, ada tambahan biaya bagasi)

Kirim Sekarang