NqNaNqR9MGp5Nqp6LWxaNqR4NncsynIkynwbzD1c

Keseruan Selancar Air Bendungan Simongan Semarang

Selancar air Bendungan Simongan Semarang? Rasakan sensasi meluncur seru di teng…

081326475727

Jadwal Keberangkatan

Layanan Utama Ayuning Travel

Ayuning Travel menyediakan beragam layanan untuk menemani perjalanan Anda dan membantu pengiriman barang antar kota yang lebih efisien.
Travel door to door
Perjalanan Anda dimulai tepat dari depan pintu. Kami memfasilitasi antar jemput dari lokasi awal (rumah, hotel, atau kantor) dan diantar langsung ke tujuan akhir. Travel door to door menjangkau seluruh kota/kabupaten di Jawa, Madura, dan Bali. Jadwal keberangkatannya juga fleksibel, sehingga mudah disesuaikan dengan rencana perjalanan Anda
Pilih rute Anda sekarang!
Carter Mobil
Butuh keleluasaan dan privasi lebih dalam perjalanan Anda? Layanan carter mobil 24 jam kami dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut. Anda sendiri yang menentukan rute, jadwal, dan jenis armadanya. Tersedia berbagai jenis mobil, mulai MPV hingga minibus untuk rombongan. Dengan tarif yang kompetitif, Anda juga akan mendapat fasilitas driver profesional dan berpengalaman.
Rencanakan perjalanan pribadi Anda!
Titip Paket
Kirim paket Anda dengan jaminan cepat sampai dan aman melalui layanan titip paket ekspres di Ayuning Travel. Kami melakukan pengiriman door to door dengan mobil pribadi tanpa singgah ke gudang transit. Keamanan dan keutuhan setiap kiriman Anda adalah prioritas utama kami.
Kirim paket Anda sekarang!
BLANTERLANDINGv101
2332245982978732292

Keseruan Selancar Air Bendungan Simongan Semarang

10 Jul 2024
Selancar air Bendungan Simongan Semarang
Canva/Google Maps: @Daniel Rahardjo

Sensasi Selancar Air Bendungan Simongan Semarang yang Seru. Apakah Anda pencinta olahraga air yang sedang mencari tempat baru untuk mencoba keahlian selancar Anda? Selancar air Bendungan Simongan Semarang, juga dikenal sebagai Bendungan Plered, menawarkan pengalaman seru nan unik yang wajib Anda coba.

Di sini, Anda bisa bermain selancar air di tengah kota. Kegiatan ini bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa ikut merasakan sensasi meluncur di atas air dengan papan selancar. Di sosial media, kegiatan ini mendapat julukan, “bermain Avatar kearifan lokal”.

Informasi Umum Bendungan Simongan, Alamat, Harga Tiket dan Operasional

Bendungan Simongan Semarang
Canva/Google Maps: @A.Y. 72.91

Lokasi Bendungan Pleret ada di Kecamatan Semarang Barat yang sudah aktif sejak tahun 1879 sebagai penahan aliran Kali Garang. Bendungan ini dibangun dengan lebar bendung 67,4 m dan tinggi 5,6 m, berjenis bendung tetap. Bentuk bendungannya landai dan memiliki dua pintu air yang hingga saat ini masih berfungsi.

Awalnya, bendungan ini dibangun sebagai kanalisasi sungai salah satu program dari Pemerintahan Hindia Belanda. Tujuannya untuk mengatasi banjir dan mengairi sawah.

Namun saat ini, fungsi untuk mengairi sawah sudah tidak aktif lagi. Bangunan ini hanya berfungsi sebagai bangunan pengairan buka tutup penanggulangan banjir dan sumber air baku bagi PDAM Semarang.

Jika menilik sejarah Kota Semarang, bendungan ini sudah berusia 145 tahun dan menjadi bendungan pertama yang ada di Semarang. Sebelum terkenal dengan nama Bendungan Pleret, bendungan ini lebih familiar sebagai Banjir Kanal atau Bandjir Kanaal oleh warga setempat.

Selain itu, dulunya di sekitar bendungan, tepatnya Jembatan Kaligarang tercatat sebagai lokasi strategis para pejuang Indonesia dalam menghadang pasukan Belanda. Jembatan ini bertitik di aliran Kali Garang bagian utara.

Di sisi lain, bendungan ini juga menjadi spot favorit bagi para pemancing. Sementara di sisi lain, terdapat Taman Bendungan Pleret yang biasa warga lokal manfaatkan untuk berkumpul, kulineran, kongkow, olahraga ringan seperti jogging, juga menikmati pemandangan sekitar.

Lebih lengkap, berikut informasi terkait Bendungan Simongan Semarang.

Bendungan Simongan Semarang
Harga Tiket Masuk Gratis, bayar uang parkir saja Rp2.000
Waktu Operasional 24 jam
Alamat 2C43+M4G, Ngemplak Simongan,
Semarang Barat, Semarang City,
Central Java 50148
Google Maps Bendungan Plered

Aktivitas Favorit yang Bisa Dilakukan di Bendungan Simongan

Main selancar air di Bendungan Simongan Semarang
Canva/Google Maps: @Alief Danis

Saat Anda melewati sungai Banjir Kanal Barat, di sisi selatan terdapat bangunan melintang di tengah sungai. Bangunan inilah yang dinamakan Bendung Simongan.

Warga menyebutnya sebagai Bendung Pleret karena bangunan tersebut kerap anak-anak gunakan untuk bermain air. Dari mercu bendung ke dasar bendung kerap anak-anak gunakan untuk bermain selancar air.

Didukung dengan licinnya permukaan lereng bendung membuat aktivitas meluncur makin seru. Aktivitas ini terjadi sejak debit airnya menyusut.

Untuk selancar air, Anda bisa membawa papan selancar sendiri atau menyewa ban dalam untuk meluncur di sekitar lokasi. Meski begitu, anak-anak yang sudah terbiasa bermain di sini banyak yang tidak menggunakan ban. Mereka akan langsung bermain seluncur hanya dengan kolor.

Namun, bagi Anda yang belum terbiasa, baiknya siapkan pakaian khusus dan peralatannya.

Umumnya, Anda bisa mendapati anak-anak sekitar bendungan mulai bermain di bawah bendungan setelah jarum jam menunjuk angka dua siang.

Aktivitas Lain yang Tidak Kalah Seru dan Menarik di Bendungan Simongan

Daya tarik Bendungan Simongan
Canva/Google Maps: @Virga Nugraha

Selain untuk bermain air, ada aktivitas lain yang biasanya warga lokal lakukan di sini.

Mancing

Pertama, memancing. Bagi sebagian pencinta mancing, bendungan bersejarah ini menjadi spot favorit untuk mancing ikan. Tak sedikit warga mendapatkan ikan lele, kating nila, bahkan ada yang pernah memperoleh kura-kura (bulus).

Menurut warga sekitar, memancing bukan hanya sekadar refreshing, tetapi juga menghabiskan waktu me time dengan hobinya. Biasanya, para pemancing membawa kursi kecil dan jorannya untuk memancing di bawah Bendungan Banjir Kanal Barat. Tepatnya di dekat pintu air bendungan.

Selain itu, spot favorit lainnya ada di bawah Jembatan Kali Garang.

Jogging

Di bagian riverside atau pinggir sungai, sudah tersedia taman, Taman Bendungan Pleret. Tamannya bersih dan tidak terlalu ramai. Di sepanjang taman tersedia banyak spot tempat duduk.

Di sini, warga bisa melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya tiap pagi dan sore ada yang melakukan olahraga ringan, seperti jogging, senam, dan bersepeda.

Apalagi, suasananya sejuk dan adem karena terdapat banyak pohon rindang. Lintasannya pun lebar dan nyaman dengan paving block, sehingga aktivitas Anda akan tetap berjalan dengan baik tanpa gangguan dari lalu lalang aktivitas orang lain.

Wisata Malam

Bukan hanya itu, tiap malam bagian sisi bendungan akan ramai oleh warga yang berkumpul bersama teman atau keluarga demi menghabiskan waktu bersama.  Tak sedikit yang berkencan di area ini sembari menikmati city light.

Meski suasana malamnya tergolong syahdu dan romantis, suasana pagi juga tak kalah enak untuk Anda nikmati bersama pasangan.

Me Time

Banjir Kanal Barat merupakan lokasi yang enak untuk berbagai aktivitas. Anda bisa healing refreshing dengan murah dan gratis. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pemandangan sungainya menyejukkan untuk sekadar melepas penat dari ujian hidup.

Tersedia banyak spot duduk bagi Anda yang ingin menyendiri. Selain itu, Anda bisa membaca buku atau bekerja dari taman. Namun, perhatikan daya baterai jika ingin bekerja dari taman karena tidak tersedia colokan untuk mengisi ulang baterai perangkat.

Kulineran Food Street

Di bagian lain juga tersedia jajanan atau street food jika ingin kulineran. Anda bisa dengan mudah menemukan sempolan, soto, es degan, angkringan, dan lain-lain.

Area Main Anak atau Outdoor

Selain itu, tersedia beberapa wahana umum yang bisa anak mainkan. Seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan juga wahana main dari ban bekas.

Bukan hanya itu, luasnya area di sisi bendungan bisa Anda manfaatkan untuk acara outdoor bersama kelompok.

Fotografi

Tak hanya itu saja, keindahan bendungan dan aktivitas di dalamnya juga bisa menjadi objek foto yang menarik. Apalagi pada malam hari, suasananya lebih estetik dengan gemerlap lampu kota.

Di sini, terdapat beberapa spot yang kerap warga sekitar manfaatkan untuk foto prewedding bersama pasangan.

Pertama, di ujung taman sisi bendungan. Di sini, Anda bisa menemukan Giant Letter Sign yang menjadi ikon. Kemudian, ada abjad bertuliskan “BBWS Pemali Juana Sungai Kanal Banjir Barat” yang menjadi magnet menarik kala malam hari. Cahaya birunya yang terpancar apik menjadi buruan utama para pengunjung untuk berfoto.

Kemudian, sewaktu bunga tabebuya mekar, suasana sepanjang sisi bendungan berubah layaknya sedang berada di Negeri Sakura. Momen-momen ini juga tak kalah instagramable untuk Anda abadikan dan posting di sosial media.

Selain itu, rindangnya suasana pagi di bawah pohon atau saat bunga-bunga mekar di area taman juga menjadi spot favorit.

Terapi Refleksi Kaki

Sarana lain yang ada di sini, yaitu terapi refleksi kaki dengan jalan kerikil.

Air Mancur atau Semarang Bridge Fountain

Daya pikat lain dari bendungan ini adalah adanya air mancur berdansa yang diiringi musik dan lampu warna-warni. Namun, air mancur tidak selalu nyala.

Menurut warga setempat, air mancur akan menyala dua kali pada malam hari, pada pukul 20.00 dan 20.15 WIB. Jadwalnya sendiri, hanya menyala di hari Minggu atau akhir pekan.

Fasilitas di Bendungan Pleret

Semarang Bridge Fountain
Canva/Google Maps: @Andriy RN 285

Bendungan Simongan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut, yaitu:

  • Tempat parkir
  • Warung makan, street food, atau stand makanan lain: angkringan
  • Penyewaan peralatan selancar air
  • Area bermain anak

Enaknya lagi, di sini sudah terpasang WiFi gratis.

Anjuran dan Larangan

Anjuran dan larangan selama di Bendungan Simongan
Canva/Google Maps: @IG Zonanyemil

Karena sebenarnya bermain air di bendungan merupakan tindakan berbahaya, ada beberapa anjuran dan larangan yang perlu Anda perhatikan.

Anjuran

  • Gunakan ban dalam saat berselancar, terutama jika belum pernah melakukannya.
  • Jaga kebersihan lingkungan bendungan.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan air.
  • Bawa sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Bawalah kantong plastik pribadi untuk menyimpan sampah. Meski sudah tersedia tong sampah di beberapa tempat, tetapi jarak antar tong sampah cukup jauh. Sehingga, bawalah kantong plastik untuk menyimpan sampah untuk sementara hingga menemukan tong sampah.

Larangan

  • Berenang atau mandi di sungai saat debit air meningkat.
  • Membuang sampah sembarangan.
  • Melakukan tindakan yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.
  • Jangan merusak fasilitas yang ada di area bendungan.
  • Dilarang memancing ikan dengan racun.

Cara Menuju Bendungan Pleret

Cara menuju Bendungan Pleret
Canva/Google Maps: @Wahyu Priyansah

Jika Anda ingin berkunjung atau berlibur ke Semarang dalam waktu dekat, ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan untuk mengakomodasi perjalanan.

  • Dari Pusat Kota Semarang

Jarak antara pusat Kota Semarang dan Bendungan Pleret tidaklah terlalu jauh. Anda membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit mencapai area bendungan. Anda bisa naik kendaraan umum.

  • Stasiun Tawang

Sementara bagi Anda yang berada di sekitar Stasiun Tawang, Anda membutuhkan sekitar 50-60 menit menuju bendungan. Anda bisa naik ojek atau kendaraan umum untuk menuju ke sana.

  • Terminal

Jika Anda dari terminal, Anda bisa langsung menggunakan opsi kendaraan bus umum atau Trans Semarang dan berhenti di tujuan Jalan Kaligarang, STBI, Jalan Gedung Batu Timur, atau BRT bendungan lain.

Agar tidak tersesat, baiknya pahami rute BRT Semarang atau tanyakan ke petugas terkait rute koridor mana yang harus Anda ambil.

Bus TransSemarang juga bisa Anda akses di berbagai wilayah, mulai dari pusat kota hingga area Jawa Tengah sekitarnya. Hal ini karena bus TransSemarang terintegrasi dengan bus TransJateng Kendal atau area lain.

Jika ingin menggunakan bus umum, baiknya perhatikan tulisan arah tujuan bus yang ada di depan bus.

Sementara untuk akses lainnya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek online, atau taksi.

Tips Berkunjung ke Bendungan Simongan

Tips Berkunjung ke Bendungan Simongan

Apabila Anda ingin berkunjung ke sini, perhatikan sejumlah tips berikut.

Berkunjung di Waktu Terbaik

Sudah bukan rahasia jika Semarang memiliki cuaca yang panas. Oleh karena itu, baiknya lakukan kunjungan pada pagi, sore, dan malam.

Anda bisa datang di pagi hari untuk menghindari keramaian dan mendapatkan udara yang lebih segar juga suasana tenang.

Jika ingin wisata kuliner Semarang, baiknya datang saat pagi atau sore menjelang malam. Hal ini karena pagi, sore, dan akhir pekan tersedia banyak UMKM yang jualan di sepanjang jalan bendungan.

Selain itu, perhatikan waktu kunjungan Anda. Karena Bendungan Simongan merupakan ruang terbuka publik, maka keamanan menjadi tanggung jawab masing-masing.

Tidak disarankan untuk berada di kawasan ini di atas pukul 21.00 karena kawasan mulai sepi, bisa mengundang kerawanan dan bahaya atas keamanan diri.

Kenakan Pakaian yang Sopan dan Nyaman

Kemudian kenakan pakaian yang sopan dan nyaman. Gunakan alas kaki yang nyaman jika Anda berencana untuk olahraga di sini. Selain itu, bawa topi apabila Anda berkunjung menjelang siang hari.

Bawa Perlengkapan Sendiri

Jika Anda memiliki peralatan sendiri, baiknya bawa dari rumah untuk menghemat biaya sewa. Selain itu, bagi yang ingin piknik bersama keluarga, bawalah bekal. Meski tersedia warung atau street food, membawa bekal sendiri bisa menjadi opsi liburan hemat di Semarang.

Bawa Uang Receh

Saat Anda kulineran atau sedang bersantai di sekitar bendungan, Anda akan menemukan banyak pengamen. Jadi baiknya bawa uang receh untuk pengamen dan uang parkir.

Parkir di Tempat yang Strategis

Saat Anda berkunjung, pastikan untuk parkir terpisah. Hal ini karena area parkir tidak terlalu luas, sehingga parkir kendaraan bisa mencapai sisi jalan yang mengganggu lalu lintas.

Anda bisa mengambil parkir di tikungan arah Gedung Batu, samping jalan Jembatan Pleret. Hal ini karena lokasinya lebih luas, sehingga tidak mengganggu lalu lintas.

Jika area tersebut penuh, pilihlah lahan parkir yang ada petugas parkirnya. Ini demi keamanan kendaraan Anda.

Sediakan Juga Provider Pribadi meski Ada Internet: WiFi Gratis

Meski pemerintah kota sudah menyediakan WiFi gratis untuk pengunjung, ada baiknya Anda menggunakan provider pribadi. Hal ini karena pada saat taman atau area bendungan penuh pengunjung, koneksi internet menjadi lambat.

Pilih Lokasi Piknik di Sisi Timur Bendungan

Nah, jika Anda ingin piknik, ambil sisi timur bendungan. Hal ini karena sisi timur lebih rimbun dan suasananya cocok untuk menghabiskan waktu berlama-lama.

Selektif saat Ingin Kuliner

Buat Anda yang suka jajan, datanglah ke sisi barat atau Jalan Bojongsalaman. Di sini tersedia berbagai pilihan jajanan dari Utara hingga Selatan, mulai dari es cokelat, es degan, es tebu, takoyaki, korean seafood, dan lain-lain dengan harga ekonomis.

Kemudian, perhatikan kembali tempat Anda membeli. Jika memungkinan, belilah di penjual yang menyediakan menu plus harga. Hal ini untuk menghindari harga menu yang tinggi dan Anda tidak over budget.

Pastikan Akomodasi Sudah Aman

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, lampu menyala dengan baik karena lampu pada malam hari tergolong remang.

Jika Anda datang dari luar kota, bisa menggunakan layanan sewa motor atau sewa mobil Semarang untuk rombongan. Bagi rombongan keluarga besar, gunakan minibus.

Sementara akses menuju Semarang sudah cukup mudah. Anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan kedatangan di Bandara Jenderal Ahmad Yani atau menggunakan kereta api menuju Stasiun Tawang.

Jika menggunakan bus, Anda beberapa opsi pemberhentian. Tergantung pada tujuan pemberhentian Anda di Semarang. Tujuan pemberhentian bus ada di Terminal Banyumanik, Sukun, atau Terminal Mangkang (pengganti Terminal Terboyo yang tergenang air rob).

Dari ruang publik: bandara, stasiun, atau terminal bisa Anda lanjutkan dengan rental mobil Semarang untuk mengakomodasi seluruh perjalanan. Ini menjadi pilihan efisien dan efektif untuk kenyamanan perjalanan.

Apabila ingin opsi lebih fleksibel dan efisien, Anda bisa mengambil layanan Travel Jakarta Semarang. Pemesanan travelnya pun sudah sangat mudah. Anda bisa memesan tiket travel Jakarta Semarang melalui kontak WhatsApp.

Apalagi tersedia banyak pilihan paket wisata Semarang yang bisa Anda ambil. Selain mengambil paket, Anda juga bisa menentukan sendiri tujuan perjalanan. Salah satunya menikmati selancar air Bendungan Simongan Semarang.

Sumber:

  • https://jateng.tribunnews.com/2023/07/05/bendungan-simongan-kota-semarang-jadi-lokasi-bermain-air-anak-anak-maium-sebenarnya-bahaya
  • https://jateng.idntimes.com/news/jateng/fariz-fardianto/air-menyusut-warga-semarang-menantang-maut-bermain-di-bawah-bendungan?page=all
  • https://jateng.tribunnews.com/2022/08/16/bendungan-pleret-kanal-air-tertua-di-kota-semarang-yang-penuh-nilai-historis?page=2#google_vignette
  • https://www.kompas.id/baca/foto/2019/12/01/bermain-air-di-banjir-kanal-barat-semarang/
  • https://20.detik.com/spot-wisata/20201029-201029027/selancar-air-bendungan-simongan-semarang
  • https://www.kompasiana.com/nprih/5e7111c8097f3634f5678cc3/ekowisata-di-taman-bendungan-plered-semarang-barat
  • https://banggasemarang.id/2024/02/04/bendungan-pleret-semarang-kanal-air-tertua-yang-dibangun-seabad-lalu/
  • https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/0412123497/mengapa-bendung-simongan-semarang-kerap-disebut-bendung-pleret-ini-alasannya?page=2
BLANTERLANDINGv101

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


Armada Kami

Formulir Pemesanan×
Data Anda

Data Lainnya
*Catatan

Barang Bawaan: (Kuota bagasi 1 tas ransel atau 1 koper, jika lebih dari itu, ada tambahan biaya bagasi)

Kirim Sekarang