NqNaNqR9MGp5Nqp6LWxaNqR4NncsynIkynwbzD1c

Menelusuri Panorama Pantai Maron, Surga Sunset Hidden Gem

Pantai Maron terletak tidak jauh dari Bandara Jenderal Ahmad Yani. Ini daya tar…

081326475727

Jadwal Keberangkatan

Layanan Utama Ayuning Travel

Ayuning Travel menyediakan beragam layanan untuk menemani perjalanan Anda dan membantu pengiriman barang antar kota yang lebih efisien.
Travel door to door
Perjalanan Anda dimulai tepat dari depan pintu. Kami memfasilitasi antar jemput dari lokasi awal (rumah, hotel, atau kantor) dan diantar langsung ke tujuan akhir. Travel door to door menjangkau seluruh kota/kabupaten di Jawa, Madura, dan Bali. Jadwal keberangkatannya juga fleksibel, sehingga mudah disesuaikan dengan rencana perjalanan Anda
Pilih rute Anda sekarang!
Carter Mobil
Butuh keleluasaan dan privasi lebih dalam perjalanan Anda? Layanan carter mobil 24 jam kami dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut. Anda sendiri yang menentukan rute, jadwal, dan jenis armadanya. Tersedia berbagai jenis mobil, mulai MPV hingga minibus untuk rombongan. Dengan tarif yang kompetitif, Anda juga akan mendapat fasilitas driver profesional dan berpengalaman.
Rencanakan perjalanan pribadi Anda!
Titip Paket
Kirim paket Anda dengan jaminan cepat sampai dan aman melalui layanan titip paket ekspres di Ayuning Travel. Kami melakukan pengiriman door to door dengan mobil pribadi tanpa singgah ke gudang transit. Keamanan dan keutuhan setiap kiriman Anda adalah prioritas utama kami.
Kirim paket Anda sekarang!
BLANTERLANDINGv101
2332245982978732292

Menelusuri Panorama Pantai Maron, Surga Sunset Hidden Gem

6 Jul 2024
Pantai Maron
Sumber : Google Maps/@RIZKY MUHAMMAD RIZKY NUR DIANSY

Pantai Maron: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, HTM. Pada dasarnya, Semarang adalah satu di antara sekian kota yang memiliki area pantai. Pilihannya pun cukup beragam, misalnya seperti Pantai Maron, surga sunset hidden gem yang punya panorama matahari terbenam yang indah. Tempat ini punya pantai yang asri dan belum banyak dikunjungi oleh turis.

Meskipun tidak sepopuler Pantai Tirang dan Pantai Marina, namun Pantai Maron Semarang juga cukup worth it untuk Anda kunjungi. Terutama jika Anda mencari tempat wisata murah yang dapat Anda datangi bersama keluarga, rekan kerja, teman, dan juga pasangan.

Apabila Anda ingin tahu informasi lengkap tentang tempat ini, berikut adalah penjelasannya!

Detail Informasi Pantai Maron

objek wisata Pantai Maron
Sumber : Google Maps - Cemploxayu dolanningratan

Pastinya, ada banyak dari Anda yang ingin tahu alamat Pantai Maron Semarang ada di mana. Ternyata, Pantai Maron terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Lokasinya hanya 11 KM dari Bandara Jenderal Ahmad Yani dan bisa Anda tempuh selama 20 - 30 menit.

Supaya lebih jelas, berikut adalah lokasi, waktu operasional, dan harga tiket masuk ke Pantai Maron yang penting untuk Anda ketahui!

Harga Tiket Waktu
Operasional
Lokasi
Rp5.000 24 jam Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50182
Google Maps

Asal Usul Penamaan Pantai Maron

Pantai Maron Semarang
Sumber : Google Maps - Akbar Hars

Setelah mengetahui lokasi Pantai Maron dan detail informasi lainnya, Anda pun perlu tahu asal usul nama Pantai Maron. Ternyata, ada alasan mengapa dinamakan Pantai Maron. Alasannya karena warna baret khas anggota Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) berwarna merah marun.

Hal ini selaras dengan sejarah singkat Pantai Maron yang dimiliki oleh Penerbad. Karena memiliki kaitan erat dengan Penerbad, tempat ini pada akhirnya diberi nama “Maron” yang menjadi ciri khas mereka. Jadi, tidak ada legenda dan cerita rakyat khusus yang dikaitkan dengan tempat ini.

Selama masa pandemi Covid-19, Pantai Maron Semarang ditutup untuk umum sebagai objek wisata. Namun kini, Anda sudah bisa kembali mengunjungi pantai tersebut untuk berlibur bersama dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Daya Tarik Pantai Maron

daya tarik Pantai Maron

Sebagai salah satu objek wisata pantai di Semarang, tempat ini memiliki banyak daya tarik yang membuatnya populer di antara para turis. Terlebih, mengingat Semarang yang merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah pada trimester pertama 2024.[1]

Apabila Anda ingin tahu apa saja daya tarik Pantai Maron, berikut adalah daftar lengkapnya!

1. Ketenangan Deburan Ombak

Jika Anda ingin healing dan menenangkan diri, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik. Alasannya adalah karena ombak yang tenang, sehingga bisa memberikan efek kedamaian di dalam hati. Anda juga tidak perlu khawatir jika membawa anak kecil karena ombaknya yang kid-friendly.

2. Kehadiran Hutan Mangrove di Area Pantai

Alasan lain mengapa tempat ini populer adalah karena kehadiran hutan mangrove di area pantai. Jadi, Anda tidak hanya bisa bersantai di pesisir pantai saja, namun juga bisa jalan-jalan ke area hutan. Kehadiran hutan ini juga sangat berguna jika Anda merupakan peneliti atau aktivis lingkungan.

Selain membuat kawasan pantai menjadi lebih indah, mangrove ini juga berguna untuk mencegah abrasi pantai.

3. Jembatan Batu

Pesona yang lain dari tempat ini adalah kehadiran jembatan batu yang pas dijadikan latar foto untuk keperluan Instagram. Bahkan, tidak sedikit calon pengantin yang menggunakan jembatan ini sebagai tempat untuk foto pre-wedding. Jadi, jangan lupa untuk mengambil foto atau selfie di jembatan.

4. Tempat Budidaya Udang Tambak

Apabila Anda tertarik dengan budidaya udang tambak, Anda juga dapat langsung datang ke tempat ini. Anda dapat belajar langsung dari warga tentang budidaya atau melakukan penelitian yang berkaitan dengan udang tambak. Di samping itu, Anda tentu saja bisa membeli udang tambak dengan harga murah.

5. Panorama Matahari Terbenam

Seperti apa yang sudah Anda ketahui, Pantai Maron terletak di Desa Tugurejo. Secara geografis, desa ini terletak di arah barat Kota Semarang. Karena itu, tidak heran jika panorama sunset di tempat ini terlihat indah dan sangat jelas, mengingat matahari selalu terbenam di barat.

6. Gazebo untuk Bersantai

Selain di pinggir pantai, Anda juga dapat bersantai sambil menikmati panorama dari gazebo yang tersedia di sekitar area pantai. Anda juga bisa berteduh dari panas dan hujan di sana. Hanya saja, jumlah gazebo yang tersedia memang masih belum banyak.

Hanya saja, Anda memang perlu mengeluarkan budget lebih untuk menyewanya, yaitu Rp10.000 per gazebo. Jadi, selain tiket masuk ke Pantai Maron seharga Rp5.000, siapkan juga uang kecil lain jika Anda ingin menyewa gazebo.

Ukuran gazebonya pun relatif kecil, biasanya hanya muat 3 - 4 orang saja. Jadi, jika Anda berlibur dengan keluarga besar, jangan lupa untuk menyewa lebih dari satu gazebo agar cukup semua.

Kegiatan Menarik di Pantai Maron

kegiatan menarik di Pantai Maron
Sumber : Google Maps - Muzang item

Secara garis besar, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Maron. Supaya Anda lebih paham, berikut adalah beberapa kegiatan menarik di Pantai Maron yang bisa Anda lakukan!

1. Bersantai dan Berenang di Pantai

Sudah menjadi rahasia umum jika tujuan orang berwisata ke pantai adalah untuk bersantai. Namun, tidak sedikit juga orang yang datang ke pantai untuk berenang. Di tempat wisata Pantai Maron, Anda dapat melakukan keduanya. Hal ini karena deburan ombaknya yang tidak terlalu kuat.

2. Memancing

Karena keadaan laut yang relatif tenang, Anda juga bisa memancing di tempat ini. Sebab, ada spot untuk memancing yang cukup nyaman, dengan variasi ikan yang banyak. Namun, jangan lupa untuk membawa alat pancing sendiri ketika Anda datang ke sini, sebab belum ada tempat sewanya.

3. Jalan-Jalan atau Bersepeda di Hutan Mangrove

Jika Anda bosan dengan kegiatan di air, maka Anda bisa menelusuri hutan mangrove yang ada di area pantai. Caranya pun beragam, bisa dengan jalan-jalan atau bersepeda. Karena penuh dengan pepohonan, hutan mangrove Pantai Maron akan terasa meneduhkan, cocok untuk Anda yang sedang kepanasan.

4. Menjelajahi Kuliner Ala Semarang

Setelah lelah beraktivitas seharian, Anda pun bisa menjelajahi kuliner ala Semarang di pinggir pantai. Bahkan, bukan hanya makanan berat saja yang bisa Anda temukan di sini, namun juga cemilan-cemilan kecil dan minuman. Hanya saja, jumlah tempat makannya memang belum banyak.

Anda bisa menikmati kulinernya di gazebo atau menggelar tikar di pinggir pantai. Sebagai catatan, jangan lupa untuk selalu membuang sampah bekas makanan pada tempatnya. Hal ini mengingat masalah utama pantai, yaitu sampah yang berceceran di sepanjang garis pantai.

Fasilitas di Pantai Maron

wisata Pantai Maron
Sumber : Google Maps - Youtube Java Hidden Gems

Meskipun lokasinya tidak jauh dari pusat kota, namun fasilitas yang tersedia di Pantai Maron masih belum selengkap itu. Hal ini karena fasilitas penunjang pantainya kini masih dalam tahap pembangunan. Jadi, baru ada tempat parkir, toilet, dan beberapa tempat makan saja yang ada di sini.

Jika Anda mencari penginapan, di sekitar pantai jumlahnya masih sangat terbatas. Jadi, biasanya Anda perlu mencari penginapan di dekat bandara atau di dekat Pantai Tirang Semarang yang lokasinya tidak jauh dari sana.

Anjuran dan Larangan di Pantai Maron

harga tiket masuk ke Pantai Maron
Sumber : Google Maps - Bumiku Ungu

Agar Anda mendapatkan pengalaman terbaik ketika liburan di objek wisata Pantai Maron, ada beberapa anjuran dan larangan yang perlu Anda catat, yaitu:

1. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, masalah utama yang paling menghantui tempat ini adalah sampahnya. Pasirnya yang berwarna coklat kehitaman bahkan tidak bisa menyembunyikan sampah yang ada di sana. Karena itu, kesadaran dari para pengunjung saat liburan sangat dibutuhkan.

Pada beberapa area pantai, Anda akan menemukan tempat sampah. Karena itu, usahakan untuk selalu membuang sampah di tempat yang sudah tersedia. Jangan karena ada tumpukan sampah di suatu area pasir pantai Anda membuangnya di sana. Hal ini diperlukan untuk kenyamanan bersama.

2. Hati-Hati Ketika Membawa Kendaraan

Lalu, Anda juga perlu berhati-hati ketika membawa kendaraan ke tempat ini. Alasannya adalah karena jalan yang masih rusak, berbatu, dan licin. Jalannya muat untuk mobil, namun ukurannya kecil dan hanya muat satu mobil saja. Jadi, usahakan untuk selalu membawa kendaraan dengan kecepatan minimal.

3. Hindari Mengunjungi Pantai di Malam Hari

Mengingat jam buka Pantai Maron yang 24 jam, sebenarnya Anda bisa berkunjung kapan saja ke tempat ini. Namun, karena fasilitasnya yang belum lengkap, hindari untuk datang di malam hari. Alasannya adalah karena penerangan di jalan masih belum maksimal, sehingga Anda akan kesulitan saat berkendara.

Selain karena gelap, jalannya juga berbatu dan licin sehingga rawan terjadi kecelakaan jika berkendara di malam hari.

Rute Menuju Pantai Maron

bagaimana rute menuju Pantai Maron
Sumber : SS Google Maps

Lalu, bagaimana rute menuju Pantai Maron? Ternyata, ada beberapa rute yang bisa Anda ambil untuk sampai ke tempat ini. Lokasinya cukup jauh dari jalan raya, yaitu sekitar 3 km. Jadi, cara terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah dengan naik kendaraan pribadi, entah itu motor maupun mobil.

Pilihan rutenya adalah:

1. Rute Bandara Jenderal Ahmad Yani

Jika Anda berangkat dari pintu keluar Bandara Jenderal Ahmad Yani, Anda bisa terus lurus di Jalan Puri Anjasmoro sebelum masuk ke Jalan Ahmad Yani. Kemudian, belok kiri ke Jalan Arteri Utara menuju Jalan Bandara Ahmad Yani lama. Lalu, belok kiri untuk sampai ke Desa Tugurejo.

2. Rute dari Pusat Kota

Selain dari bandara, Anda juga bisa berangkat dari pusat Kota Semarang. Jaraknya pun lebih dekat, yaitu sekitar 8 - 9 km dengan waktu tempuh 20 - 25 menit. Rutenya yaitu melalui Jalan Mgr Sugiyopranoto ke Bundaran Kalibanteng. Lalu, ambil arah Bandara Ahmad Yani Lama dan belok kiri ke Desa Tugurejo.

3. Rute dari Stasiun Poncol

Jika Anda berkunjung ke Semarang dengan naik kereta, Anda bisa turun di Stasiun Poncol. Jarak antara stasiun dengan pantai juga tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 11 KM. Jadi, Anda bisa naik taksi atau ojek dengan waktu tempuh sekitar 30 - 35 menit saja.

Rutenya adalah dengan masuk ke Jalan Imam Bonjol menuju Jalan Pemuda. Jika ada bundaran, Anda dapat menuju ke Jalan Mgr Sugiyopranoto dan ikuti rute yang sama dengan rute di atas.

4. Rute dari Terminal Terboyo

Apabila Anda datang ke Semarang dengan menggunakan bus, Anda dapat turun di Terminal Terboyo. Kemudian, setelah keluar dari terminal, Anda bisa belok kanan ke Jalan Kaligawe. Lalu, kembali belok kanan menuju Jalan Kudus Semarang menuju Jalan Bandara Ahmad Yani Lama.

Setelah di Jalan Bandara Ahmad Yani Lama, Anda bisa belok kiri menuju Desa Tugurejo. Lokasinya kira-kira 3 km dari jalan raya.

Tips Berkunjung ke Pantai Maron

jam buka Pantai Maron
Sumber : Google Maps - Akbar Hars

Sebelum datang ke pantai, ada beberapa tips yang bisa membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan, yaitu:

1. Kunjungi di Bulan Juli hingga September untuk Panorama Sunset Terbaik

Jika Anda ingin tahu kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Maron, jawabannya adalah di bulan Juli, Agustus, dan September. Pada saat itu, Anda bisa melihat sunset dengan lebih jelas dan indah. Hanya saja, biasanya pantai akan sangat ramai di bulan Juli karena bertepatan dengan liburan sekolah.

Jadi, jika Anda ingin suasana yang lebih tenang, kunjungi pantai di bulan Agustus atau September. Namun, jika Anda menyukai suasana pantai yang ramai, kunjungi di bulan Juli.

2. Sore Hari Adalah Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Pantai Maron

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, matahari terbenam atau sunset di tempat ini memiliki panorama yang indah. Karena itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di sore hari, lebih tepatnya dari pukul 17.00 - 18.30 WIB, karena waktu tepatnya akan berbeda di setiap harinya.

Sebagai tips, Anda bisa mencari tahu kapan waktu matahari terbenam di hari sebelum Anda berkunjung. Hanya saja, hindari berlama-lama di pantai setelah matahari terbenam. Terlebih jika Anda tidak menginap di sekitar pantai karena jalan menuju kota gelap, licin, berbatu, dan ada beberapa bagian yang rusak.

3. Jangan Lupa Membawa Baju Ganti

Jika Anda berencana untuk berenang di tempat ini, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Alasannya adalah karena di sekitar pantai tidak ada yang menjual pakaian. Jadi, jika Anda melupakannya, Anda harus menggunakan baju basah untuk kembali ke hotel, homestay, atau rumah.

4. Usahakan untuk Membawa Motor atau Mobil Pribadi

Terakhir, usahakan untuk membawa motor atau mobil pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang melewati tempat ini. Di samping itu, kehadiran ojek pun cukup sulit. Jadi, Anda mungkin akan kesulitan untuk kembali ke pusat kota jika tidak membawa motor atau mobil pribadi ketika berangkat ke pantai.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, menyewa atau carter mobil bisa jadi pilihan terbaik. Bahkan, mobil sewaan ini juga bisa Anda gunakan untuk keliling dan berwisata di Kota Semarang bersama keluarga, teman, atau pasangan. Pilihan tempat terbaik untuk menyewanya adalah di Ayuning Travel.

Hal ini karena Ayuning Travel menyediakan layanan carter mobil dengan harga murah. Pilihan mobilnya pun sangat bervariasi dan bisa Anda sesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan. Karena itu, jangan ragu untuk menghubungi WhatsApp Ayuning Travel untuk mendapatkan layanan terbaiknya.

Selain layanan carter mobil, kami juga memiliki layanan Travel Jakarta Semarang, yang tidak kalah worth it untuk Anda pilih. Terlebih jika Anda hanya berangkat sendirian. Sebab, tarifnya jauh lebih murah.

Menariknya, layanan travel kami adalah travel door to door, sehingga driver kami bisa mengantar Anda langsung ke Pantai Maron. Selain langsung ke pantai, kami juga bisa mengantar Anda ke hotel, homestay, apartemen, rumah, atau tujuan lainnya. Karena itu, ayo hubungi kami sekarang juga!

Sumber :

  1. RRI. Jumlah Wisatawan di Kota Semarang Tertinggi Se-Jateng. https://www.rri.co.id/daerah/637819/jumlah-wisatawan-di-kota-semarang-tertinggi-se-jateng
BLANTERLANDINGv101

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


Armada Kami

Formulir Pemesanan×
Data Anda

Data Lainnya
*Catatan

Barang Bawaan: (Kuota bagasi 1 tas ransel atau 1 koper, jika lebih dari itu, ada tambahan biaya bagasi)

Kirim Sekarang