NqNaNqR9MGp5Nqp6LWxaNqR4NncsynIkynwbzD1c

Mengenal Umbul Sidomukti, Tempat Healing yang Sedang Hits

Salah tempat yang kini sedang hits di Semarang adalah Umbul Sidomukti. Ini daya…

081326475727

Jadwal Keberangkatan

Layanan Utama Ayuning Travel

Ayuning Travel menyediakan beragam layanan untuk menemani perjalanan Anda dan membantu pengiriman barang antar kota yang lebih efisien.
Travel door to door

Door to Door

Layanan travel reguler dengan kemudahan door to door, menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan bebas repot.

Antar Jemput

Nikmati kenyamanan travel reguler antar jemput dengan fasilitas terbaik, siap antar hingga tujuan dengan aman.
Pilih rute Anda sekarang!
Carter Mobil

Drop Off

Sewa carter mobil drop off untuk perjalanan pribadi yang nyaman, efisien, dan bebas menunggu.

Drop PP

Layanan carter mobil drop PP dengan rute pulang pergi, fleksibel dan hemat untuk perjalanan rombongan.
Rencanakan perjalanan pribadi Anda!
Titip Paket

Paket

Kirim paket Anda dengan layanan semalam sampai yang cepat, aman, dan terpercaya untuk segala keperluan.

Dokumen

Pengiriman dokumen semalam sampai, memberikan jaminan cepat sampai dengan aman, tepat waktu, dan andal.
Kirim paket Anda sekarang!
BLANTERLANDINGv101
2332245982978732292

Mengenal Umbul Sidomukti, Tempat Healing yang Sedang Hits

7 Jul 2024
Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti: Daya Tarik, Fasilitas, HTM. Pada dasarnya, ada beberapa objek wisata alam yang bisa Anda datangi selama liburan di Semarang. Satu di antara sekian tempat yang sedang hits sekarang, entah untuk warga Semarang asli maupun wisatawan dari luar kota dan luar negeri, adalah Umbul Sidomukti. Khususnya bagi para pecinta pegunungan.

Bila Anda masih belum tahu apa itu Umbul Sidomukti, ini merupakan objek tujuan wisata yang memadukan kolam pemandian, tempat kemping, villa, cafe, dan wahana permainan outdoor. Jadi, tempatnya sangat pas untuk healing, karena semua yang Anda butuhkan untuk bersantai bisa ditemukan di sini.

Supaya Anda lebih paham, berikut adalah informasi lengkap tentang ulasan Umbul Sidomukti yang perlu Anda ketahui!

Detail Informasi Umbul Sidomukti

apa itu Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Sebagai bagian dari objek wisata pegunungan, Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Lebih tepatnya, lokasi Umbul Sidomukti ada di lereng Gunung Ungaran. Bila Anda ingin tahu berapa mdpl Umbul Sidomukti, jawabannya adalah 1.200 mdpl.

Selain lokasi, Anda juga perlu tahu beberapa informasi penting lain tentang tempat wisata ini, yaitu sebagai berikut!

Harga Tiket Jam Buka Lokasi Website Media Sosial Kontak
Rp5.000 08.00 - 17.30 WIB Umbul Sidomukti, Manggung
Jimbaran, Bandungan
Kabupaten Semarang-Jawa Tengah
50661
www.umbulsidomukti.com Instagram/
@umbul.sidomukti
Telepon:
+622987137009

Email:
umbulsidomukti@gmail.com
Facebook/
@umbulsidomukti
Google Maps Twitter/
@umbulsidomukti

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Setelah mengetahui detail informasi lengkap tentang tempat wisata ini, Anda juga perlu tahu apa saja daya tariknya. Sebab, ada alasan mengapa popularitasnya semakin naik dari hari ke hari, yaitu karena daya tariknya yang seakan tidak kenal habis. Berikut adalah beberapa pesona dari tempat wisata Umbul Sidomukti!

1. Panorama Indah dan Udara Segar

Bagi Anda yang merasa lelah dengan aktivitas sehari-hari dan jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan, tempat ini bisa menjadi runaway gateway terbaik. Anda bisa istirahat sejenak, healing, dan menenangkan pikiran selama beberapa hari sambil melakukan staycation atau liburan di tempat ini.

Selama di sini, panorama gedung tinggi dan lalu lintas padat khas perkotaan akan berganti dengan panorama Gunung Ungaran yang menakjubkan. Udara penuh polusi akibat kendaraan yang berlalu lalang pun akan berganti dengan udara segar yang berasal dari pohon-pohon di pegunungan.

2. Kolam Pemandian

Selain keindahan alamnya, ada juga kolam pemandian yang bisa Anda gunakan untuk bersantai. Hanya saja, di samping tiket masuk Umbul Sidomukti seharga Rp5.000, Anda perlu menyiapkan budget tambahan untuk masuk ke sana. Harga tiket masuk ke kolam renang Umbul Sidomukti adalah Rp10.000.

3. Goa Buatan

Daya tarik lain dari tempat ini adalah kehadiran goa buatan dengan panorama gunung yang indah. Tempat ini cocok untuk Anda jadikan spot berfoto, entah itu sebagai latar belakang atau background saat selfie maupun ketika Anda ingin berburu foto panorama.

Namun, perlu Anda catat jika ada biaya tambahan yang perlu Anda bayarkan untuk bisa menelusuri area goa. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena harganya cukup murah, yaitu sekitar Rp10.000 per orang.

4. Wahana Permainan Outdoor

Alasan lain mengapa Anda harus berlibur ke tempat ini adalah karena ada wahana permainan outdoor yang menarik. Pilihan wahananya pun sangat beragam, khususnya yang memacu adrenalin.

Hanya saja, Anda memang perlu merogoh kocek lebih dalam jika ingin bermain di sini. Semua wahana tersebut bisa Anda coba dengan membayar sekitar Rp245.000 per orang. Namun, Anda bisa mencoba beberapa wahana saja, dengan tarif sekitar Rp20.000 - Rp50.000 per wahana.

5. Peternakan

Lalu, ada juga area peternakan bernama Little Ranch yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Harga tiket masuk ke peternakan adalah Rp20.000. Namun, harga tersebut cukup worth it mengingat Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan berbagai hewan ternak lucu yang ada di sini.

Bukan hanya itu saja, jika Anda membawa anak, ada banyak hal baru yang bisa mereka coba saat liburan di Little Ranch. Ada juga kawasan playground atau taman bermain yang bisa anak-anak Anda gunakan tanpa perlu membayar biaya tambahan di samping tiket masuknya.

6. Cafe dan Restoran

Mulai merasa lapar dan haus? Anda tidak perlu khawatir karena di sini juga ada restoran dan cafe Umbul Sidomukti. Cafenya terletak di dekat kolam, sedangkan restoran Umbul Sidomukti lebih dekat dengan area penginapan. Kedua tempatnya juga memiliki jam operasional yang berbeda.

Cafenya memiliki jam operasional yang mirip dengan jam buka Umbul Sidomukti, yaitu dari pukul 08.00 pagi hingga 17.30 sore. Namun, untuk restoran, jam bukanya lebih lama, yaitu dari pukul 08.00 pagi hingga 22.00 malam. Jadi, ketika menginap di sini, Anda bisa tetap makan malam di restoran.

7. Villa dan Resort

Apabila Anda datang dari luar kota atau merupakan warga Semarang yang ingin melakukan staycation, ada villa dan resor yang bisa Anda temukan di tempat ini. Secara garis besar, harga villa Pondok Wisata Umbul Sidomukti tidak terlalu mahal, yaitu mulai dari Rp500.000 hingga Rp2 jutaan.

8. Tempat Camping

Selain menginap di villa, Anda juga bisa menginap di Teras Camping Umbul Sidomukti, khususnya untuk Anda yang suka camping. Tempat ini bisa jadi pertimbangan jika Anda ingin lebih dekat dengan alam. Menariknya, Anda tidak perlu membawa alat camping karena bisa disewa di sini.

Kegiatan Menarik di Umbul Sidomukti

kawasan Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Dari penjelasan di atas, mungkin Anda sudah mengetahui kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan di Pondok Wisata Umbul Sidomukti, yaitu:

1. Berenang di Kolam Pemandian

Pertama, Anda bisa berenang di kolam pemandian. Airnya berasal langsung dari pegunungan, sehingga jernih dan bersih. Jadi, sangat pas untuk Anda yang ingin menyegarkan diri. Jumlah kolamnya pun ada 3 dengan ketinggian yang berbeda, yaitu 1,5 meter dan 30 meter (untuk anak-anak).

2. Wisata Kuliner Sambil Melihat Panorama Indah

Setelah puas berenang, Anda bisa datang ke Cafe Taman Renang yang terletak tidak jauh dari kolam. Pada cafe ini, Anda bisa melepas lapar dan dahaga dengan beberapa menu yang tersedia. Menu yang paling populer adalah nasi goreng dan mie instan. Namun, ada banyak pilihan lain yang tidak kalah menariknya.

Cafe ini memiliki area gazebo dan outdoor, jadi Anda bisa menyantap semua hidangan sambil menikmati kecantikan Gunung Ungaran. Ada juga panorama persawahan yang bisa membuat nafsu makan Anda bertambah. Sayangnya, waktu buka cafe hanya sampai pukul 17.30 sore saja.

Namun, Anda tidak perlu takut karena selain cafe ada juga restoran yang jaraknya tidak jauh dari situ, yaitu Pondok Panorama Resto. Di sini, Anda bisa menemukan beragam camilan dan makanan berat. Namun, yang paling populer adalah olahan susunya. Restoran ini buka hingga jam 22.00 malam.

Lalu, ada juga cafe lain bernama Pondok Kopi yang masih ada di satu kawasan yang sama. Di sini, Anda bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat panorama cantik dari ketinggian 1.200 mdpl. Ada banyak pohon di sekitar cafe yang membuat tampilannya lebih asri.

3. Menjelajahi Goa Buatan

Jika Anda ingin jalan-jalan sambil menikmati udara sejuk dan panorama alam yang menakjubkan, Anda bisa menjelajahi goa buatan. Sebenarnya, panjang goa tidak terlalu panjang, yaitu hanya sekitar 135 meter saja. Namun, pengalaman ketika Anda menjelajahi goa ini jelas tidak akan terlupakan.

4. Mengajak Anak Bermain dan Belajar di Little Ranch

Pada saat memasuki area Little Ranch, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengajak anak-anak untuk bermain sekaligus belajar. Ada banyak aktivitas yang akan disukai oleh anak-anak, seperti:

  • Memberi makan hewan ternak (Rp10.000)
  • Berkuda (Rp30.000 - Rp70.000)
  • Memanah (Rp20.000)
  • E-bike (Rp20.000)
  • Bermain ketapel (Rp10.000)
  • Mewarnai (Rp20.000)
  • Bermain trampoline (Rp25.000)
  • Naik perahu (Rp15.000 - Rp20.000)
  • Bermain mobil remot kontrol (Rp20.000)

Hanya saja, harganya memang cukup mahal jika Anda ingin mencoba semua aktivitasnya. Totanya, Anda perlu menyiapkan budget Rp190.000 - Rp260.000 per orang untuk bisa melakukan semua aktivitas tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada paket yang membuat harganya semakin murah.

Kira-kira, harga paket Little Ranch ada kisaran Rp50.000 - Rp110.000. Dengan paket ini, Anda bisa melakukan 3 - 8 aktivitas sekaligus tanpa harus bayar lagi.

5. Melakukan Bonding Sambil Memacu Adrenalin

Jika Little Ranch lebih menarik untuk anak-anak, masih ada wahana permainan lain yang bisa dilakukan baik oleh anak maupun orang dewasa. Namanya adalah Wahana Pacu Adrenalin, di mana Anda bisa melakukan bonding bersama orang terdekat sekaligus memacu adrenalin Anda.

Ada banyak permainan yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Flying fox (Rp30.000)
  • Marine bridge (Rp20.000)
  • ATV (Rp50.000)
  • Sepeda awang (Rp25.000)
  • Rolling bike (Rp20.000)
  • Triangle (Rp50.000)

6. Beristirahat di Resort dan Villa

Setelah puas bermain, Anda bisa langsung istirahat di resor dan villa yang tersedia di tempat ini. Totalnya ada 10 jenis penginapan yang bisa Anda pilih. Ada tipe Villa Cemara, Forest Cabin, Cemara, dan pilihan tempat lainnya.

Sebagai informasi, tarif Villa Cemara Umbul Sidomukti, Villa Panggung, Forest Cabin Umbul Sidomukti, dan ruangan lainnya berbeda-beda. Ini daftar harga lengkapnya!

Jenis Kamar Harga
(Weekday)
Harga
(Weekend)
Kapasitas
Forest Cabin Rp1,5 juta Rp1,8 juta 4 tamu
Small Forest Cabin Rp750 ribu Rp850 ribu 2 tamu
Cemara Villa Rp750 ribu Rp850 ribu 2 tamu
Small Villa Rp900 ribu Rp1,25 juta 4 tamu
Medium Villa Rp1,2 juta Rp1,5 juta 4 tamu
Panggung Villa Rp500 ribu Rp700 ribu 2 tamu
Family Room Rp1,5 juta Rp2 juta 8 tamu
Superior Room Rp800 ribu Rp1 juta 4 tamu
Standard Room Rp900 ribu Rp1,25 juta 5 tamu
Deluxe Room Rp900 ribu Rp1,25 juta 4 tamu

Menariknya, dengan harga yang relatif murah tersebut, Anda bisa menikmati layanan lengkap. Tidak hanya ruangan yang nyaman dengan free WiFi, water heater, dan TV, Anda juga bisa mendapatkan layanan lain. Beberapa di antaranya adalah free breakfast dan free access untuk semua kawasan Umbul Sidomukti.

7. Camping Bersama Teman atau Keluarga

Selain tidur di resort dan villa, Anda juga bisa tidur sambil camping bersama teman atau keluarga. Pastinya, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda coba sambil camping, seperti BBQ-an, memasak mie instan, berkumpul di api unggun sambil bernyanyi bersama dan juga aktivitas lainnya.

8. Berbelanja di Toko Souvenir

Sebelum pulang, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mampir ke toko souvenir terlebih dahulu. Ada banyak barang yang bisa Anda temukan di sini, seperti kaos, topi, dan barang menarik lain.

Fasilitas di Umbul Sidomukti

fasilitas di Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda mungkin sudah tahan beberapa fasilitas di Umbul Sidomukti, yaitu seperti:

  • Penginapan
  • Kolam pemandian
  • Cafe
  • Restoran
  • Peternakan
  • Playground
  • Wahana adrenalin
  • Goa buatan

Selain itu, ada juga beberapa fasilitas tambahan, seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Kamar bilas di dekat kolam pemandian

Anjuran dan Larangan di Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Agar merasa nyaman saat liburan, ikuti anjuran dan larangan berikut!

  • Selalu buang sampah pada tempat yang tersedia.
  • Tidak merusak fasilitas umum di tempat wisata maupun di penginapan.
  • Menjaga ketenangan dan tidak membuat gaduh.
  • Tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.

Rute Menuju ke Umbul Sidomukti

Rute menuju Umbul Sidomukti
Sumber : SS Google Maps

Karena berada di daerah kabupaten, jarak antara tempat wisata ini dengan pusat Kota Semarang memang cukup jauh, yaitu 35 km. Jadi, Anda bisa menghabiskan waktu 1 - 1 jam 30 menit di jalan sebelum sampai di tujuan. Caranya yang paling mudah adalah dengan naik mobil, baik via tol maupun tanpa tol.

1. Rute via Tol

Jika Anda ingin melewati tol, maka Anda bisa masuk ke jalan tol Solo - Purwodadi - Surabaya. Lalu, masuk ke Jalan Tol Jatingaleh - Krapyak. Kemudian, Anda bisa keluar melalui Ungaran - Bawen - Solo - Jogja dan keluar di pintu tol Ungaran - Bawen. Lanjutkan ke arah Jimbaran hingga sampai di Desa Manggung.

2. Rute Non-Tol

Sebenarnya, rute non-tol lebih mudah, karena Anda hanya perlu mengikuti Jalan Semarang - Surakarta. Sekitar 22 km kemudian, ambil U-turn menuju Jalan Major Soetoyo dan lanjutkan hingga ke Jalan Goa Jepang menuju Desa Manggung.

Tips Berkunjung ke Umbul Sidomukti

cafe Umbul Sidomukti
Sumber : Website Umbul Sidomukti

Sebelum Anda berkunjung, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar liburan semakin tak terlupakan. Beberapa tips tersebut adalah:

1. Tanyakan Harga Sebelum Beli Makanan

Pada saat sampai ke tempat wisata, Anda akan menemukan banyak pedagang makanan dan minuman. Ada tukang pentol, bakso, jagung bakar, sosis bakar, minuman, dan lain sebagainya. Hanya saja, jangan lupa untuk selalu menanyakan harga sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Alasannya adalah karena harganya cukup mahal, berbeda dengan harga pada umumnya. Karena itu, agar Anda tidak kaget saat membayar, pastikan untuk mengetahui harga terlebih dahulu sebelum memesan makanan atau minuman tersebut.

2. Usahakan untuk Membawa Motor atau Mobil Sendiri

Terakhir, usahakan untuk membawa motor atau mobil sendiri. Hal ini karena lokasi tempat wisata yang berada jauh dari pusat kota, sehingga Anda akan kesulitan menemukan moda transportasi umum. Jalannya pun kecil dan naik turun, sehingga pastikan untuk selalu berhati-hati saat berkendara ke sini.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, sewa atau carter mobil di Ayuning Travel bisa jadi pilihan terbaik. Bahkan, bukan hanya ke tempat ini saja, Anda juga bisa berkeliling dan berwisata ke seluruh sudut Kota Semarang sepuasnya. Jadi, jangan ragu untuk hubungi kami sekarang juga!

Di samping carter, Anda juga bisa menggunakan layanan Travel Jakarta Semarang di Ayuning Travel, terlebih jika Anda hanya berangkat sendirian. Driver kami akan mengantarkan Anda hingga ke depan pintu masuk Umbul Sidomukti. Karena itu, ayo segera dapatkan penawaran terbaik dari kami!

Referensi :

  • https://www.umbulsidomukti.com/facility/souvenir/
  • https://bob.kemenparekraf.go.id/1940-umbul-sidomukti/
  • https://www.detik.com/jateng/wisata/d-6243328/5-panduan-komplet-wisata-umbul-sidomukti-semarang-tiket-fasilitasnya
  • https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/umbul-sidomukti
  • https://regional.kompas.com/read/2022/03/26/173245278/umbul-sidomukti-di-semarang-harga-tiket-jam-buka-syarat-masuk-dan-wahana
  • https://www.umbulsidomukti.com/
BLANTERLANDINGv101

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


Armada Kami

Mitra Pembayaran

Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Mitra Pembayaran
Formulir Pemesanan×
Data Anda

Data Lainnya
*Catatan

Barang Bawaan: (Kuota bagasi 1 tas ransel atau 1 koper, jika lebih dari itu, ada tambahan biaya bagasi)

Kirim Sekarang